INPUT / OUTPUT UNIT
Di dalam bidang komputer, Unit Input/Output atau
sering juga disingkat (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor komunikasi
antara sistem pengolahan informasi (seperti komputer) yang digunakan untuk
berhubungan dengan dunia luar, yang memungkinkan manusia atau sistem lain
pengolahan informasi.
Unit input adalah unit luar
yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesr ini atau
sinyal (data) yang diterima oleh sistem, contohnya, data yang berasal dari
keyboard atau mouse.
Sementara, Unit
output merupakan sinyal atau data yang dikirim dari input. Output
biasanya, digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk
menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan
ditampilkan pada layar monitor atau printer.
Istilah ini juga dapat digunakan
sebagai bagian dari suatu tindakan, untuk "melakukan I / O" adalah
untuk melakukan input atau output operasi. I / O device yang digunakan oleh
seseorang (atau sistem lain) untuk berkomunikasi dengan komputer. Misalnya, keyboard
atau mouse mungkin sebuah perangkat input untuk komputer, sementara monitor dan
printer dianggap output perangkat output untuk komputer. Perangkat ini
memungkinkan komunikasi antar komputer, seperti modem dan kartu jaringan,
biasanya melayani untuk keduanya input dan output.
Pengertian Perangkat Input –
Apa itu Perangkat Input Komputer?
Perangkat
input adalah perangkat ‘masukkan’ untuk unit komputer yang cara kerjanya
memberikan perintah secara langsung dengan menghasilkan informasi berbentuk
digital kepada para pengguna. Ada berbagai macam perangkat keras berjenis input
yang diciptakan untuk komputer, berikut adalah contohnya:
1.
Keyboard
![](https://www.indoworx.com/file/2018/06/howtogeek.com-FILEminimizer.jpg)
Image: howtogeek.com
Keyboard komputer merupakan
salah satu perangkat berjenis input yang berfungsi untuk memasukkan data berupa
teks, seperti huruf, angka, simbol, dan lain sebagainya. Keyboard menjadi
perangkat yang penting pada komputer. Tanpa keyboard bisa dipastikan komputer
tidak dapat bekerja dengan baik seperti semestinya. Dan sebagai perangkat input
yang telah mengalami beberapa kali perkembangan, keyboard komputer memiliki
berbagai varian port dari port serial, PS/2, USB, hingga wireless. Meskipun ada
banyak jenis port keyboard, tetap saja keyboard tergolong sebagai perangkat
input.
2.
Mouse
![](https://www.indoworx.com/file/2018/01/2.nesabamedia.com_.jpg)
Image: nesabamedia.com
Mouse merupakan alat penunjuk
(pointer) pada perangkat komputer, biasanya penunjuk ini dapat dilihat di
monitor saat kita mengoperasikan komputer. Selain itu, mouse juga umumnya
dilengkapi dengan tombol klik kanan dan kiri yang gunanya sebagai pengganti
tombol enter dan select pada keyboard.
3.
Joystick
![](https://www.indoworx.com/file/2018/01/beeol.blogspot.com-FILEminimizer.jpg)
Image: beeol.blogspot.com
Perangkat input selanjutnya
adalah Joystick, yang merupakan perangkat keras komputer dan biasanya digunakan
untuk mengoperasikan objek-objek pada sebuah game. Joystick sendiri tidak
berperan sebagai perangkat penting, namun hanya sebatas pelengkap saja.
4.
Scanner
![](https://www.indoworx.com/file/2018/06/blogspot.com-FILEminimizer-2.jpg)
Image: blogspot.com
Adapun scanner juga termasuk
sebagai perangkat input yang didesain untuk menyalin text maupun gambar grafis
dan kemudian dapat disimpan dalam bentuk file.
Selain empat perangkat tersebut, sebenarnya masih banyak
contoh perangkat input komputer yang lain seperti flashdisk, webcam, CD Rom,
dan masih banyak lagi. Namun contoh di atas rasanya sudah cukup untuk
mendefinisikan pengertian perangkat input.
Pengertian Perangkat Output –
Apa itu Perangkat Output Komputer?
Perangkat output adalah perangkat komputer yang digunakan
untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada penggunanya. Informasi
yang ditampilkan oleh komputer sudah diterjemahkan oleh teknologi komputer itu
sendiri sehingga dapat dipahami penggunanya dengan mudah. Berikut ini ada
beberapa contoh perangkat output komputer yang sering digunakan.
1.
Monitor
![](https://www.indoworx.com/file/2018/02/cloudpointtech.com-FILEminimizer.jpg)
Image: cloudpointtech.com
Monitor adalah perangkat keras
berjenis output yang digunakan untuk menerjemahkan data digital sehingga
menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Monitor adalah perangkat
output yang sangat penting dari komputer, karena tanpa kehadirannya, pengguna
tidak akan bisa mendapatkan informasi yang diinginkan.
2.
Projector
![](https://www.indoworx.com/file/2018/06/cbsistatic.com-FILEminimizer.jpg)
Image: cbsistatic.com
Projector bekerja dengan
mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan
tujuan memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar. Perangkat ini
juga tergolong sebagai perangkat output.
3.
Speaker
![](https://www.indoworx.com/file/2018/06/bbystatic.com-FILEminimizer.jpg)
Image: bbystatic.com
Speaker pun termasuk sebagai
perangkat output yang fungsinya untuk menghasilkan suara dari komputer. Dan
sama halnya dengan monitor, speaker juga berperan penting untuk menunjang
kinerja komputer itu sendiri.
4.
Printer
![](https://www.indoworx.com/file/2018/06/imgix.net-FILEminimizer.jpg)
Image: imgix.net
Perangkat output selanjutnya
adalah printer yang juga termasuk sebagai perangkat keras berjenis output untuk
mencetak file misalnya foto digital menjadi foto kertas. Ataupun dokumen
menjadi tulisan yang tertuang di media kertas.
Selain empat contoh tersbut, ada
banyak perangkat output komputer lainnya seperti headset, VGA, Network Card,
dan lain sebagainya.
Perbedaan Perangkat Input dan Output
Input ataupun output sebenarnya
sama-sama berjenis perangkat keras, namun perbedaanya terletak pada fungsi
perangkat tersebut. Perangkat input sendiri sesuai dengan namanya ‘masukkan’,
artinya adalah perangkat keras yang digunakan untuk mengendalikan komputer
seperti keyboard untuk menulis data di komputer, joystick untuk menggerakan
objek-objek dalam game komputer, dan mouse digunakan sebagai penggerak penunjuk
di komputer.
Sedangkan perangkat output
adalah perangkat ‘keluaran’ yang artinya mengeluarkan data dari komputer.
Seperti monitor mengeluarkan informasi, projector mengeluarkan video atau
gambar, printer mengeluarkan data ke media kertas, dan headset mengeluarkan
suara. Intinya, output ini adalah perangkat yang dapat menghasilkan sesuatu
dari komputer, baik itu suara, informasi, atau pun yang lainnya.
1. Sistem Bus
System bus atau bus
sistem, dalam arsitektur komputer mengkaji pada bus yang digunakan oleh sistem
komputer untuk menghubungkan semua komponennya dalam menjalankan tugasnya.
Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam
komputer. Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara
dua elemen atau lebih. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat
diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui perantara sistem bus.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyEXIVIWmf9NkSfJQ9_6oipDpVpzMlSxCeW39TgiLgwCfnqp7L0R6OYr6daBNeAmsNqJvez3F-eCWGDBHkEPnP2_t8c2o_RCHuR1W5acL6QjxTDPMNz94zcPyL8lim0hc_wPzlUKgtA3A/s1600/Bus+sistem+%2526+IO.png)
(Gambar. Diagram Sistem BUS)
Mengenal sistem bus Sistem adalah
suatu proses yang terikat atau saling ketergantungan dengan satu unsur dan
unsur-unsur yang lainnya Bus adalah lintasan / jalur Sistem bus dalam dunia
komputer dapat didefinisikan sebagai proses yang menghubungkan antar komponen
utama dari sebuah komputer yang memiliki jalur / lintasan masing-masing dimana
tetap saling mempengaruhi satu dengan yang lain. Satu bus berisi satu jalur,
bus biasanya berbentuk jalur-jalur parallel PCB, ribbon cables, strip
connectors (ditemui dalam motherboard), kumpulan kabel.
2. Standar Input/Output Interface
Interface atau antarmuka adalah
Penghubung antara dua sistem atau alat media penghubung antara satu subsistem
dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber daya
mengalir dari satu subsistem ke subsistem yang lainnya. Keluaran (output) dari
suatu subsistem akan menjadi masukan (input) untuk subsistem lainnya dengan
melalui penghubung.
Interface Aplikasi I/O
Ketika suatu aplikasi ingin membuka
data yang ada dalam suatu disk, sebenarnya aplikasi tersebut harus dapat
membedakan jenis disk apa yang akan diaksesnya. Untuk mempermudah pengaksesan,
sistem operasi melakukan standarisasi cara pengaksesan pada peralatan
Input/Output. Pendekatan inilah yang dinamakan interface aplikasi Input/Output.
Interface aplikasi Input/Output
melibatkan abstraksi, enkapsulasi, dan software layering. Abstraksi dilakukan
dengan membagi-bagi detail peralatan-peralatan Input/Output ke dalam
kelas-kelas yang lebih umum. Dengan adanya kelas-kelas yang umum ini, maka akan
lebih mudah untuk membuat fungsi-fungsi standar(interface) untuk mengaksesnya.
Lalu kemudian adanya device driver pada masing-masing peralatan Input/Output,
berfungsi untuk enkapsulasi perbedaan-perbedaan yang ada dari masing-masing
anggota kelas-kelas yang umum tadi. Device driver mengenkapsulasi tiap -tiap
peralatan Input/Output ke dalam masing-masing 1 kelas yang umum tadi(interface
standar). Tujuan dari adanya lapisan device driver ini adalah untuk
menyembunyikan perbedaan-perbedaan yang ada pada device controller dari
subsistem Input/Output pada kernel. Karena hal ini, subsistem Input/Output
dapat bersifat independen dari hardware.
Karena subsistem Input/Output
independen dari hardware maka hal ini akan sangat menguntungkan dari segi
pengembangan hardware. Tidak perlu menunggu vendor sistem operasi untuk
mengeluarkan support code untuk hardware-hardware baru yang akan dikeluarkan
oleh vendor hardware.
3. Pengaksesan Peralatan Input/Output
Pengaksesan peralatan(I/O)
bergantung pada perspektif mengubah sinyal-sinyal bahwa pengguna manusia bisa
melihat atau membaca. Untuk pengguna proses membaca atau melihat representasi
ini adalah menerima masukan.
Interaksi antara komputer dan
manusia dipelajari dalam bidang yang disebut interaksi manusia-komputer. CPU
dan memori utama dianggap sebagai otak dari komputer, dan dari sudut pandang
adanya transfer informasi dari atau ke kombinasi itu, misalnya untuk atau dari
disk drive, dianggap Input / Output. CPU dan sirkuit pendukungnya menyediakan
memori-mapping Input / Output yang digunakan dalam pemrograman komputer tingkat
rendah dalam pelaksanaan driver perangkat. Sebuah Input / Output merupakan
salah satu algoritma yang dirancang untuk mengeksploitasi lokalitas dan
melakukan efisien bila berada pada penyimpanan data sekunder, seperti disk
drive.
Input / Output Interface diperlukan
setiap kali Input / Output device didorong oleh prosesor. Antarmuka harus
memiliki logika yang diperlukan untuk menafsirkan perangkat alamat yang
dihasilkan oleh prosesor. Handshaking harus dilaksanakan oleh antarmuka
menggunakan perintah yang sesuai seperti (Sibuk, SIAP, WAIT), dan prosesor
dapat berkomunikasi dengan Input / Output device melalui antarmuka. Khusus
Input / Output monad, yang memungkinkan program untuk hanya menguraikan Input /
Output, dan tindakan yang dilakukan diluar program. Hal ini penting karena
Input / Output fungsi akan memperkenalkan efek samping untuk setiap bahasa
pemrograman, tapi sekarang pemrograman fungsional murni praktis.
Berikut alamat yang dapat disimpan
dalam register. Instruksi akan memiliki register yang memiliki alamat tersebut.
Jadi untuk mengambil data, instruksi harus mendaftar didekode sesuai dipilih.
Isi register akan diperlakukan sebagai alamat menggunakan alamat lokasi memori
yang sesuai dipilih dan data dibaca / ditulis. Port-mapping Input / Output
biasanya memerlukan penggunaan instruksi yang secara khusus dirancang untuk
melakukan Input / Output operasi.
Pengelolaan I/O :
Tugas utama komputer adalah:
· Pemrosesan
CPU, pemrosesan Input / Output
·
Peran OS dalam pengelolaan Input / Output: Mengelola dan mengontrol
operasi Input / Output serta perangkat Input / Output
· Fungsi
pengelolaan Input / Output: Hardware: port, bus, device controller, software
Input / Output adalah modul device driver sebagai peralatan input/output.
sumber:
Comments
Post a Comment